sekolah animasi
sekolah animasi

Menggeluti bidang animasi saat ini tidak hanya sebatas hobi saja. Pasalnya, animasi saat ini telah menjadi sebuah bidang yang menawarkan prospek pekerjaan yang sangat potensial. Terlebih, saat ini ada cukup banyak sekolah animasi yang bisa dipilih oleh Anda yang ingin bergelut di bidang tersebut.

Bahkan, di negara kita sendiri sudah cukup banyak sekali peluang kerja di bidang tersebut. Nah, berikut akan kami jelaskan, beberapa prospek kerja yang potensial bagi para lulusan animasi.

1.  Pengembang Game

Setiap game, baik mobile, PC, maupun game untuk konsol, memerlukan tenaga ahli animator untuk membuat konsep permainan. Tugas animator dalam sebuah game tergolong sangat vital, lho. Nantinya, animator akan membuat karakter, landscape, dan berbagai aset-aset penting lainnya pada sebuah game.

Inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa animator sangat dibutuhkan sekali dalam pembuatan permainan.

Sekolah Animasi
Sekolah Animasi

2.  Membuat Animasi Untuk Tujuan Pengiklanan

Iklan dengan konsep animasi banyak disukai oleh audiens. Itulah kenapa, tidak sedikit perusahaan-perusahaan, maupun lembaga pemerintahan yang kini lebih suka jenis iklan atau mengemas informasi ke dalam bentuk animasi.

Hal inilah yang menjadi peluang bagi para animator untuk mendapatkan pekerjaan. Proyek pembuatan advertising dengan konsep animasi tergolong sangat menggiurkan, lho. Namun, Anda harus punya tim untuk menggarapnya.

Kenapa membutuhkan tim? Pasalnya, dalam sebuah pengiklanan berjenis animasi, biasanya memerlukan pengisi suara dan juga copywriting. Artinya, tidak hanya sekedar gerakan animasi dan musik saja.

3.  Pembuatan Film/Seri

Anda juga bisa terlibat di dalam sebuah pembuatan film maupun serial animasi. Di Indonesia sendiri, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa animator untuk pembuatan film animasi. Bahkan, tidak hanya untuk TV saja, juga untuk channel Youtube.

Anda bisa lihat sendiri di Youtube. Saat ini, channel dengan tema animasi begitu disukai dan banyak diikuti. Penontonnya bahkan tidak hanya anak-anak saja, juga orang dewasa.

Selain terlibat kontrak kerja, Anda juga bisa berkreasi sendiri, lho. Contohnya, jika Anda punya konsep membuat cerita animasi, kemudian kemaslah ke dalam bentuk sebuah film atau serial yang nantinya Anda upload di Youtube.

4.  Bekerja di Suatu Perusahaan atau Studio Animasi

Saat ini, cukup banyak perusahaan digital advertising maupun studio animasi yang membutuhkan jasa seorang animator. Dengan begitu, Anda bisa mencoba melamar pekerjaan di bidang yang sesuai dengan passion Anda.

Banyak sekali perusahaan dan studio animasi yang membutuhkan jasa Anda. Untuk mencari pekerjaan di bidang ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial berbasis loker, atau bisa juga melalui Google.

Pentingnya Sekolah dan Kursus Animasi

Perlu Anda ketahui, saat ini ada cukup banyak tempat sekolah dan kursus animasi. Artinya, Anda tidak perlu belajar secara otodidak untuk menjadi seorang animator andal. Bahkan, dibandingkan dengan otodidak, sekolah jauh lebih menjanjikan.

Di sekolah, Anda akan belajar dari tenaga ahli yang berpengalaman. Selain itu, mata pelajarannya pun tergolong sangat lengkap. Yang paling penting, setelah lulus nanti, Anda akan mendapatkan sertifikat. Nah, sertifikat tersebut, bisa Anda gunakan untuk mempermudah Anda mendapatkan pekerjaan dan kepercayaan.

Di lain sisi, beberapa sekolah juga sudah mendapat predikat yang sangat bagus. Sehingga banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan di sekolah dengan predikat terbaik.

Nah, itulah  beberapa prospek yang bisa didapatkan oleh seorang animator atau lulusan sekolah animasi. Bagi yang tertarik, kini Anda bisa belajar atau sekolah di IDS Education. IDS adalah institusi pendidikan terkemuka yang sudah dikenal oleh banyak orang dengan kredibilitas yang jempolan.