kalender kesuburan
kalender kesuburan

Mengetahui masa subur sangatlah penting baik itu yang ingin memiliki momongan atau menunda memilikinya. Masa subur merupakan masa ovulasi dimana sel telur melepaskan diri dan menuju rahim sehingga jika dibuahi maka terjadilah kehamilan, sebaliknya jika tidak buahi maka sel telur akan pecah dan terjadilah menstruasi.

Bagi anda yang ingin cepat hamil sangatlah baik untuk berhubungan intim dengan sang suami pada masa kesuburan anda, sebaliknya jika anda sedang tidak ingin terjadi kehamilan maka tidak dianjurkan untuk berhubungan pada masa subur sebab besar kemungkinan kehamilan bisa terjadi. selanjutnya bagaimana cara mengetahui kapan masa subur anda terjadi, cara yang sederhana yaitu dengan menghitungnya dengan kalender kesuburan.  Setiap wanita pasti memiliki masa subur pada setiap bulan, itu berlaku bagi yang haid setiap bulannya.

Hasil gambar untuk gambar femometer
Kalender Kesuburan

Biasanya masa subur tersebut terjadi setelah haid dan sebelum haid maka dari itu untuk mengetahui masa subur , anda harus menghitungnya dengan cara menandai kapan pertama anda haid dan tandai lagi hari pertama haid pada bulan berikutnya, misalnya jika anda haid tanggal 10 bulan Juli kemudian pada bulan Agustus anda haid pada tanggal 7 maka rentang waktu dari tanggal 10 ke tanggal 7 yaitu 27 hari, itu menandakan siklus haid anda yaitu 27 hari.  Setiap bulannya memang siklus haid tidak akan menentu maka anda bisa menghitungnya dengan perhitungan siklus terpendek dikurangi 18 dan siklus terpanjang dikurangi 11.

Misalnya jika siklus terpendek anda 27 dikurangi 18 yaitu 9 maka masa subur anda adalah hari ke 9 sesudah haid. Masa subur tersebut akan berakhir dari hasil perhitungan hasil siklus terpanjang anda dikurangi 11, jika siklusnya 32 hari dikurangi 11 hasilnya 21, maka hari ke 21 merupakan hari terkahir masa subur anda. itulah cara sederhana mengetahui masa subur anda dengan perhitungan kalender kesuburan. Jika ingin lebih efektif maka anda bisa menggunakan sebuah alat yaitu femometer yang bisa mendeteksi masa subur anda dengan lebih akurat.