gadai sertifikat rumah
gadai sertifikat rumah

Zaman sekarang bisa disebut zaman yang konsumtif mengingat semakin banyaknya jenis kebutuhan yang harus dipenuhi dengan uang. Hingga sering terjadi penghasilan masih kurang untuk mencukupi kebutuhan. Untuk mengatasinya, banyak orang mencoba terlibat dalam aktivitas pendanaan seperti mengajukan pinjaman. Salah satu yang paling mudah dilakukan yaitu gadai sertifikat rumah.

Lembaga pembiayaan yang paling direkomendasikan yaitu BFI Finance. Lembaga ini sudah menjadi pilihan banyak orang untuk mendapatkan tambahan dana guna mencukupi kebutuhan. Tidak hanya kebutuhan sehari-hari, pinjaman dana dari lembaga ini juga bisa menjadi penyelesaian untuk masalah keuangan yang terjadi secara tak terduga. Dalam mengajukan pinjaman di lembaga ini terlebih dengan jaminan sertifikat rumah harus memperhatikan beberapa hal.

gadai sertifikat rumah
gadai sertifikat rumah

Untuk tahap awal, Anda harus memperhatikan spesifikasi rumah yang akan dijaminkan. Pastikan rumah tersebut berada di posisi yang strategi. Jangan menjaminkan rumah yang letaknya dengan makam atau berada di lokasi rawan banjir karena itu bisa menghasilkan penolakan. Selain lokasi, rumah yang dijaminkan harus memiliki kriteria layak huni serta tidak dalam sengketa. Tidak ada ketentuan khusus tentang model rumah.

Gadai sertifikat rumah sama seperti jenis jaminan lainnya yaitu harus melampirkan dokumen-dokumen penting sebagai syaratnya. Sertifikat harus atas nama pemilik yang bersangkutan. Selain itu berkas pembayaran pajak bangunan selama 2 tahun terakhir harus pula disertakan. Kelengkapan berkas sertifikat rumah dan dokumen pendukung ini wajib dilengkapi guna memudahkan proses persetujuan.

Selain berkas dari sertifikat rumah, Anda juga harus melengkapi dokumen pribadi. Pemohon pinjaman perlu untuk menyertakan kartu identitas diri sendiri dan pasangan sah. Dokumen kartu keluarga juga menjadi satu syarat yang tidak boleh dilewatkan. Dokumen pendukung lainnya seperti salinan surat nikah, NPWP, salinan rekening bank dan buku tabungan menjadi syarat wajib lainnya dalam proses pengajuan pinjaman.

Saat semua dokumen pendukung telah dipenuhi serta kondisi rumah layak untuk dijaminkan, BFI Finance kemungkinan besar akan mengabulkan permohonan tersebut. Jadi gadai sertifikat rumah ini sebenarnya tidak sulit asal memahami aturan dan ketentuannya. Serta pertimbangkan jumlah pinjaman dan cicilan wajib setiap bulannya agar bisa mempersiapkan kondisi keuangan.