stempel
stempel

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi berbanding lurus dengan kebutuhan manusia dalam dunia usaha dan juga industri yang terus mengalami peningkatan. Pada masa sekarang ini kebanyakan orang selalu menginginkan hal yang bersifat praktis dan simpel. Dalam hal ini termasuk sesuatu yang dapat menunjang pekerjaan. Beberapa perubahan yang ada terjadi begitu cepat, begitu juga dengan penggunaan stempel dari masa ke masa.

Kebutuhan suatu perusahaan yang bersifat administratif dan legal tentu akan sangat membutuhkan barang yang satu ini. Mungkin bagi kamu yang tidak terlalu sering memakai alat ini dan juga tidak terlalu memperhatikan alat ini akan menganggap stempel merupakan barang yang biasa saja dan tidak terlalu penting. Padahal stempel memiliki perubahan dari waktu ke waktu sesuai dengan kebutuhan baik dari segi bentuk maupun fitur-fiturnya.

Semakin berkembangnya teknologi maka sudah seharusnya barang semacam ini juga semakin praktis untuk digunakan dan juga memiliki fitur-fitur yang modern. Namun, apakah kamu tahu bagaimana perkembangan barang ini selama ini?

stempel
stempel

source: https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/700/product-1/2020/1/18/9630606/9630606_7a7b1f5d-f424-422b-90d4-f2bff8dcf0e3_2048_2048

Runaflek

Runaflek ini juga disebut sebagai stempel manual. Pada masa awal masa keluarnya jenis ini, pembuatannya tidak terlalu praktis dengan menggunakan cara mengukir tulisan atau gambar. Kemudian pada masa sekarang ini pembuatannya mulai mengalami perkembangan, yaitu dengan menggunakan mesin pembuat runaflek dan prosesnya lebih cepat, lebih bagus lagi, dan juga lebih detail.

Adanya tambahan bantalan yang digunakan sebagai tempat tinta dan hanya bisa menggunakan satu warna saja merupakan ciri khas yang dimiliki stempel runaflek ini sehingga penggunaannya tidak lagi praktis untuk masa modern seperti sekarang ini.

Emboss

Jenis stempel yang satu ini menggunakan tekanan agar relief dari stempel ini menjadi timbul pada permukaan kertas. Pada jenis yang ini juga tidak membutuhkan tinta dalam penggunaannya. Stempel emboss sangat cocok untuk digunakan pada berbagai macam dokumen penting, ijazah, sertifikat, atau surat-surat lainnya. Selain itu juga terdapat beberapa kelebihan dalam menggunakan jenis emboss :

  1. Memiliki bahan dasar logam dan awet selama masa penggunaan.
  2. Lebih praktis daripada runaflek karena tidak menggunakan tinta dan juga bantalannya.
  3. Jenis ini tentu sulit untuk dipalsukan.

Flash

Pada stempel ini sudah terdapat tinta di dalamnya atau umumnya jenis ini disebut sebagai stempel warna atu stempel otomatis. Jenis flash ini dapat digunakan tanpa bantalan tinta karena didalam karet stempel sudah menyimpan karet di dalamnya. Selain itu, pada jenis flash ini juga menggunakan jenis karet khusus yang dapat menyerap tinta dalam waktu yang lama dan juga memiliki daya serap yang cukup tinggi.

Lak/Wax

Stempel yang satu ini dapat dibilang cukup unik. Jenis lak/wax ini harus menggunakan lilin yang dibakar lalu diteteskan pada suatu dokumen. Proses penggunaannya yaitu dengan melakukan pengecapan menggunakan lilin yang sudah dibakar, kemudian lilin yang sudah diteteskan pada dokumen tersebut dicap sehingga relief dari stempelnya tercetak diatasnya. Hasil dari pengecapan lilin tersebut akan menimbulkan kesan artistik dan juga berguna sebagai pengaman.

Jenis stempel wax ini sangat cocok jika digunakan sebagai segel pada amplop, surat berharga, undangan, dan juga kemasan suatu barang tertentu. Mungkin bagi kamu yang gemar menonton film genre kolosal biasanya akan sangat familiar dengan stempel jenis wax ini. Tentu sangat menarik apabila mengoleksi jenis stempel seperti ini karena kesan artistik yang dimilikinya.