bayar BPJS Kesehatanbayar BPJS Kesehatan

Seiring berkembangnya zaman, pemerintah Indonesia terus menyediakan berbagai program yang diharapkan bisa meringankan beban masyarakat. Salah satunya adalah BPJS Kesehatan yang merupakan asuransi kesehatan yang diperuntukkan untuk semua kalangan. Untuk dapat menikmati layanan dari asuransi ini, masyarakat diwajibkan mendaftarkan diri untuk menjadi peserta aktif yang akan ditandai dengan kewajiban bayar BPJS Kesehatan.

Untuk terus mempertahankan keaktifan status peserta BPJS Kesehatan, masyarakat harus melakukan kewajibannya yaitu membayar iuran secara rutin. Mengenai nominal yang harus dibayar, terdapat perbedaan karena program ini tersedia dalam beberapa pilihan kelas.

Sebagai sebuah kewajiban, tentu peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan kemudahan setelah menyelesaikannya. Inilah beberapa manfaat atau kemudahan yang akan didapatkan peserta BPJS Kesehatan jika melakukan pembayaran iuran secara rutin sesuai kelasnya.

  • Mendapatkan Jaminan Kesehatan Seumur Hidup

Manfaat BPJS Kesehatan yang pertama adalah seluruh peserta BPJS memiliki jaminan kesehatan hingga seumur hidup. Sehingga kapanpun harus rawat inap atau mengalami penyakit tertentu, BPJS sudah menjamin semua biayanya.

Keuntungan tersebut sudah menjadi hak setiap peserta, namun tentunya semua dapat diberikan jika peserta memenuhi kewajibannya. Kewajiban yang dimaksud ialah membayar iuran premi dengan tepat waktu dan mengikuti aturan berobat yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS Kesehatan.  

bayar BPJS Kesehatan
bayar BPJS Kesehatan
  • Tarif Iuran yang Murah 

BPJS Kesehatan menawarkan tarif iuran yang relatif murah jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya. Memiliki tagihan yang murah per bulannya bukan berarti kualitas yang diberikan sembarangan. Justru peserta mendapatkan beberapa fasilitas dan pelayanan tebaik dari BPJS Kesehatan.

Asuransi kesehatan tersebut menerapkan tarif untuk kelas 1 sebesar Rp80.000, kelas 2 sebesar Rp.51.000, dan kelas 3 sebesar Rp25.500. Dengan iuran tersebut, seluruh biaya kesehatan mulai dari rawat inap, cuci darah, hingga persalinan sudah dicover oleh BPJS Kesehatan.

  • Menjamin Penyakit yang Dikecualikan

Manfaat BPJS Kesehatan selanjutnya adalah mampu menjamin penyakit yang biasanya dikecualikan oleh banyak asuransi kesehatan pada umumnya. Seperti penyakit hormonal, kanker, kongenital, hemodialysis, bahkan penyakit jiwa.

BPJS Kesehatan adalah asuransi kesehatan yang masih tergolong baru jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya. Sehingga mungkin masih banyak peraturan yang tidak dimengerti oleh para pesertanya. Meski begitu, dengan iuran yang murah BPJS sudah bisa disebut sebagai jaminan kesehatan yang menguntungkan. 

  • Menggunakan Sistem Gotong Royong

BPJS Kesehatan menggunakan sistem gotong royong berarti yang sehat membantu yang lemah. Asuransi kesehatan ini merupakan jaminan yang akan membantu pesertanya yang sakit tanpa melihat kondisi sebelumnya dan tanpa batasan penyakit.

Selain itu, BPJS Kesehatan juga akan membantu peserta yang mengalami sakit seumur hidup atau penyakit berat seperti gagal ginjal kronis, kanker, jantung, thalassemia, serta penyakit lain yang tidak ada di asuransi lain. Dengan bayar BPJS Kesehatan, maka semua fasilitas tersebut sudah bisa didapatkan. 

  • Pembayaran yang Sangat Mudah

Demi mempermudah pesertanya, BPJS Kesehatan kini sudah bekerjasama dengan beberapa platform pembayaran terbaik yang dapat digunakan peserta untuk membayar iuran per bulannya.

Meski tergolong baru, BPJS Kesehatan tidak pernah main-main untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Dengan segala kemudahan serta jaminan yang didapat tersebut tentunya akan semakin meningkatkan minat masyarakat terhadap asuransi kesehatan ini. 

Tidak hanya melalui mesin ATM saja, kini dengan fitur lengkap SimobiPlus dari Bank Sinarmas dapat menjadi jembatan untuk bayar BPJS Kesehatan. Layanan internet banking dan mobile banking pastinya juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan pembayaran iuran tersebut. 

Bisnis

By Bisnis

Related Post