hand held metal detectorhand held metal detector

Pada umumnya metal detector terbagi menjadi tiga jenis yaitu walkthrough metal detector, hand held metal detector, dan metal detector hunter. Artikel ini membahas mengenai metal detector jenis hand held. Seperti namanya, hand held merupakan metal detector yang dipakai dengan cara dipegang. Anda bisa menemukannya di mall, bandara, hotel, dan lain sebagainya. Metal detector ini biasanya digunakan oleh tim keamanan untuk mendeteksi apakah ada pengunjung yang membawa benda yang terbuat dari logam atau tidak.

Fungsi dari hand held sama seperti walkthrough yaitu untuk keamanan. Biasanya digunakan untuk mendeteksi barang bawaan seseorang. Pasalnya barang-barang yang terbuat dari logam banyak yang berbahaya seperti pistol, benda tajam, bahkan hingga bom. Maka dari itu dibutuhkan detector untuk mendeteksi keberadaannya.

Dibandingkan walkthrough, hand held tentu saja memiliki beberapa keunggulan. Penasaran apa saja kelebihannya? Berikut pembahasannya:

hand held metal detector

Lebih Ringan

Kelebihan hand held yang pertama yaitu memiliki ukuran yang lebih ringan. Apalagi jika dibandingkan dengan walkthrough yang bentuknya seperti bilik, maka hand held jauh lebih ringan. Biasanya berat dari hand held berkisar di angka 500 gram. Tidak terlalu berat untuk ukuran metal detector.

Mudah Dibawa Ke Mana Saja

Ukuran yang lebih kecil dan ringan tersebut tentu saja menguntungkan para petugas security. Pasalnya mereka bisa membawa alatnya ke mana saja dengan mudah. Sedangkan walkthrough metal detector harus bersusah payah jika ingin memindahkannya. Bahkan terkadang walkthrough metal detector tidak bisa dipindahkan sendirian.

Sensitivitas Baik

Secara ukuran hand held memang kalah jauh dibandingkan walkthrough. Meskipun begitu, sensitivitas yang diberikan juga sama baiknya. Hand held memiliki sensitivitas yang sangat baik ketika bertemu dengan benda yang terbuat dari logam. Anda hanya perlu mengarahkan alat ke benda yang akan dideteksi. Nanti akan muncul sinyal apabila ada benda yang terbuat dari logam.

Akurasi Baik

Selain memiliki sensitivitas yang baik, alat ini juga memiliki akurasi yang baik. Akurasi berhubungan dengan tepat atau tidaknya hasil deteksi terhadap logam. Jika sinyal masuk dan berbunyi, maka memang benda tersebut berasal dari logam. Jarang terjadi kesalahan meskipun ukurannya kecil dan bobotnya ringan.

Harganya Lebih Terjangkau

Kelebihan hand hold terakhir dibandingkan walkthrough metal detector adalah harganya. Ukurannya yang kecil membuat alat ini tidak memiliki terlalu banyak fitur. Oleh sebab itu harganya biasanya lebih terjangkau. Anda yang membutuhkannya bisa mendapatkan harga yang murah, tergantung merk dan kualitas.

Pinpointer dari MINELAB Untuk Metal Detector

Pinpointer merupakan bagian dari kit alat deteksi yang memiliki penampilan mirip dengan hand held. Jika Anda pemburu logam mulia seperti emas, alat ini sangat cocok untuk digunakan. 

Alat pendeteksi emas biasanya berukuran cukup besar. Terdapat koil yang digunakan untuk menangkap dan menerima sinyal. Namun karena ukurannya yang besar, tentu saja Anda tidak bisa menjangkau tempat atau lubang yang kecil. 

Pinpointer bisa menjadi solusi untuk Anda yang tidak bisa menjangkau lubang-lubang kecil dengan alat pendeteksi emas biasa. Ukurannya bahkan lebih kecil dibandingkan hand held metal detector karena bentuknya bulat, tidak lebar seperti hand held.

Rekomendasi pinpointer dari Minelab adalah PRO-FIND 35. Ujungnya membulat kecil dengan pegangan yang nyaman untuk dipegang. Akurasinya sama baiknya dengan alat-alat yang memiliki koil besar. Ukurannya hanya sekitar 193 gram saja sehingga sangat mudah dibawa ke mana saja.

Harga PRO-FIND 35 cukup terjangkau dengan efektivitas dan fleksibilitas yang tinggi. Adapun harganya yaitu Rp3,7 jutaan. Anda bisa melakukan pembelian di dealer terdekat atau website www.minelab.co.id

Bisnis

By Bisnis

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *