digital strategy marketingdigital strategy marketing

Memasuki zamannya yang kini sudah serba digital, maka bisa dipastikan melakukan digital strategy marketing merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah bisnis di era sekarang. 

Untuk itu tidak ada kata lain bagi Anda para pelaku bisnis, untuk segera menerapkan strategi ini untuk keberlangsungan bisnis Anda, agar bisa tetap bersaing dengan para kompetitor. 

Namun bagi Anda yang masih awam mengenai strategi digital marketing ini, tenang saja karena pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai apa itu digital marketing, dan bagaimana cara penerapannya dalam sebuah bisnis.

Untuk ulasan lebih lengkapnya bisa Anda simak dibawah ini. 

Pengertian Digital Marketing

Digital marketing ini sendiri bisa diartikan sebagai salah satu upaya pemasaran sebuah produk atau jasa, dengan memanfaatkan jaringan internet dan berbagai media digital populer. 

Bila dulu aktivitas pemasaran hanya dilakukan dengan menggunakan selembar brosur, flyer dan lain sebagainya, maka dengan melakukan strategi pemasaran digital ini dirasa lebih praktis dan mudah untuk dilakukan. 

Ada berbagai kelebihan lain dari menerapkan strategi digital marketing ini bagi bisnis di era milenial ini. Seperti diantaranya mampu menjangkau konsumen dengan lebih luas dan spesifik, mampu membantu meningkatkan brand awareness dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Langkah-Langkah Memulai Strategy Digital Marketing Untuk Bisnis

Adapun berbagai langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk memulai digital strategy marketing ini bisa disimak sebagai berikut. 

  1. Menentukan Target Pasar Dengan Tepat

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akan memulai strategi digital marketing ini adalah dengan menentukan target pasarnya terlebih dahulu. 

digital strategy marketing

Karena sejatinya, dengan mengenali dulu siapa sajakah target konsumen dari bisnis Anda maka akan lebih memudahkan penerapan strategi digital marketing nya agar tepat sasaran. 

  1. Membuat Produk yang Terbaik

Setelah menentukan siapa sajakah target konsumen yang sesuai dengan bisnis Anda, barulah Anda memikirkan serta membuat produk apakah yang bisa menjadi solusi terbaik bagi mereka. 

Upayakan Anda menciptakan sebuah produk yang bisa menjawab kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi oleh para konsumen bisnis Anda. 

  1. Membuat Website

Berjualan di berbagai marketplace populer tentu saja sangat menjanjikan untuk memasarkan bisnis Anda. Namun akan menjadi lebih baik lagi jika bisnis yang Anda bangun tersebut, sudah memiliki situs website resminya sendiri.

Karena dengan demikian, bisnis Anda akan dinilai lebih kredibel dan terpercaya di benak para calon target konsumen bisnis Anda. 

  1. Membuat Media Sosial

Tidak hanya harus memiliki website pribadi milik perusahaan, Anda juga perlu membuat akun media sosial yang dirasa lebih cocok untuk mengenalkan produk Anda ke calon target konsumen. 

Beberapa media sosial populer-pun, bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Seperti diantaranya ada Instagram, facebook, tiktok, dan lain sebagainya. 

  1. Menerapkan SEO, SEM, serta Social Media Ads

Untuk meningkatkan jangkauan strategi digital marketing yang dijalankan, maka Anda perlu menerapkan SEO, SEM, dan juga Social Media Ads. 

Yang mana dengan melakukan SEO dengan tepat, maka bisnis yang Anda bangun bisa muncul di laman teratas Google agar bisa mudah ditemukan. 

Sementara SEM dan Social Media Ads, merupakan layanan berbayar seperti halnya beriklan di televisi, agar bisnis Anda lebih cepat untuk dikenal oleh khalayak. 

Kalaupun Anda merasa kesulitan akan menerapkan digital strategy marketing ini bagi bisnis, maka bisa berkonsultasi dulu atau menggunakan jasa dari digital agency terbaik saat ini, yaitu Diginet.

Semoga bermanfaat!

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *