Menyetir di jalan tol terus butuh kehati-hatian, lantaran walau di katakan bahwa jalan tol yaitu jalan bebas kendala tetapi bukanlah bermakna bisa berkendara dengan seenaknya.
Maklum, jalan tol sering kali digunakan pengguna jalan untuk meningkatkan kendaraannya dengan kecepatan tinggi yang sudah pasti bisa berisiko terjadinya kecelakaan.
Supaya terus aman berkendara, pemakai jalan tol harus penuhi ketentuan jalan raya di tol, termasuk juga batas kecepatan kendaraan serta disiplin dalam mengemudi.
Senantiasa siaga serta simak sebagian panduan aman menyetir di jalan tol di bawah ini.

Panduan Aman Menyetir Di Jalan Tol

Hal pertama yang perlu serta harus dikerjakan yaitu senantiasa menyimpan pandangan ke depan. Dengan konsentrasi lihat jauh ke depan, anda bisa lihat kondisi di depan kendaraan, seperti mobil yang masuk ke jalur anda atau kendaraan yang memperlambat kecepatannya.
Setelah itu, senantiasa melindungi jarak. Hal semacam ini utama terlebih apabila mobil di depan lakukan pengereman mendadak maupun mengambil jalurmu dengan kecepatan tinggi.
Melindungi jarak utama untuk dapat lakukan pengereman pada jarak minimum.
Setiap saat akan mengubah lajur, yakinkan memercayakan kaca spion samping kiri-kanan serta spion tengah untuk memonitor kondisi jalan raya di seputar. Janganlah lupa, aktifkan lampu sein saat sebelum beralih lajur, untuk memberi sinyal bahwa anda bakal beralih lajur.
Senantiasa pertahankan jarak minimum dua mtr. dari mobil-mobil lain di segi mobilmu.
Janganlah pakai bahu jalan untuk menyusul mobil, lantaran bahu jalan cuma bisa di pakai oleh ambulans atau mobil derek, dan dalam situasi darurat seperti mobil mogok atau pecah ban.
Apabila ban pecah, menepilah ke kiri. Untuk ganti ban mobil samping kanan, parkir separuh tubuh mobil di rumput serta setengahnya lagi di aspal.
Bila ganti ban kiri, seluruhnya tubuh mobil mesti ada di rumput serta ban kanan persis batas aspal.
Bila mobil berhenti di dalam jalan lantaran situasi darurat, janganlah lupa untuk menempatkan segitiga pengaman dengan jarak 10 mtr. serta nyalakan lampu hazard.
Dengan taat berlalu lintas serta ikuti panduan aman menyetir di jalan tol ini, pasti bakal menaikkan rasa aman berkendara di jalan tol.