mainan edukasi
mainan edukasi

Dari sekian banyak manfaat dari mainan edukasi, berikut 3 hal utama yang akan menjadi manfaatnya; memberikan keceriaan pada anak, membantu memperbaiki pola komunikasi antara anak-orang tua dan merangsang perkembangan pada anak.

Fase anak merupakan salah satu paling penting dalam pertumbuhan. Fase ini banyak disebut oleh para ahli sebagai fase emas pertumbuhan. Banyak cara kreatif yang bisa dilakukan orang tua dalam merangsang kemampuan anak pada usia ini. Salah satu yang paling banyak digunakan ialah mainan edukasi. Permainan ini semata-mata dihadirkan untuk anaknya agar anak bisa bermain sambil merangsang secara cepat potensi anak dengan meningkatkan tumbuh kembangnya.

Banyak aspek yang bisa tersentuh dari permainan ini, diantaranya; kemampuan daya ingat, kemampuan berpikir, kemampuan konsentrasi atau fokus, kemampuan motorik halus, kemampuan motorik kasar dan masih banyak aspek lain yang bisa tersentuh dari penggunaan permainan ini. Dari sekian banyak manfaat yang didapat, beberapa hal ini bisa anak anda dapatkan, diantaranya;

  1. Keceriaan. Saat anda dan si kecil melakukan permainan ini, akan muncul suka cita. Akan banyak hal-hal yang tidak terduga dan menarik sehingga membuat anda dan anak anda ketawa-tawa menyenangkan.
  2. Komunikasi. Dengan melakukan permainan ini, pola komunikasi antara orang tua dan anak pun akan menjadi lebih baik. Anda akan mengetahui bagaimana cara berkomunikasi bahkan cara yang tepat memperlakukan anak dan anak pun akan mengerti bagaimana caranya apabila hendak ada yang diinginkan atau dikomunikasikan dengan orang tua. Selain itu, keduanya pun akan saling memahami kebiasaan atau kecenderungannya.
  3. Pertumbuhan anak. Saat menggunakan permainan ini, tujuan utamanya ialah merangsang daya yang terdapat pada anak. Dari mulai daya pikir, daya ingat, daya fokus, cara menyelesaikan masalah, daya gerak dan masih banyak hal lainnya.

Ketiga hal diatas merupakan manfaat utama yang dihasilkan apabila mainan edukatif dilakukan orang tua bersama anaknya. Saat melakukan permainan, orang tua sejatinya tidak akan kehabisan pikir dan bahan permainan, karena permainan untuk perkembangan anak ini sangatlah banyak. Dalam hal ini, orang tua hanya perlu menyesuaikan permainan seperti apa yang cocok, baik itu yang disukai maupun menyesuaikan kondisi anak. Apabila permainannya tidak sesuai kondisi anak, hanya akan membuat anak tertekan.