Kuliah DKV
Kuliah DKV

Dari sekian banyak program studi yang disediakan oleh International Design School atau IDS, program Desain Komunikasi Visual atau DKV adalah salah satunya. Dengan kuliah DKV berarti anda akan mempelajari banyak hal tentang konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu. Tujuan tersebut bisa berupa memberikan informasi atau mempengaruhi pikiran orang lain. Ada banyak hal yang dipelajari ketika anda kuliah DKV tersebut.

Ilmu dasar yang bakal dipelajari di desain komunikasi visual ialah dasar-dasar ilmu desain, seperti menggambar, tipografi, fotografi, ilustrasi, sejarah desain, dan lain sebagainya. Lalu, anda juga akan mendapatkan beberapa pelajaran dari ilmu selain desain, seperti ilmu komunikasi dasar, psikologi komunikasi, bahasa rupa, dan lain sebagainya. Biasanya, di jurusan desain komunikasi visual memiliki tiga pembidangan lagi, yakni komunikasi grafis, visual periklanan, dan komunikasi multimedia.

Kuliah DKV
                                                               Kuliah DKV

Pada saat anda memilih kuliah DKV tersebut, tentunya anda memiliki orientasi kepada jenis karir atau pekerjaan yang bisa anda peroleh kelak. Dan ketika memilih jurusan DKV tersebut, maka anda sudah mengambil keputusan yang sangat tepat dan akan jauh lebih tepat lagi jika anda memilih IDS sebagai institusi pembelajarannya.

Ada beberapa jenis pekerjaan yang bisa anda lakukan setelah anda lulus kuliah DKV di IDS. Adapun beberapa pekerjaan tersebut adalah sebagai berikut :

1. Web Designer

Lulusan desain komunikasi visual seringkali berkarir sebagai web designer. Hal itu disebabkan ilmu yang didapatkan semasa kuliah sangat menunjang karir web designer. Sebagai web designer, anda akan bekerja membuat sebuah website.

2. Visual Designer di Penerbitan dan Percetakan

Kedua industri itu membutuhkan seorang desainer visual untuk produk-produknya. Selain itu, di industri percetakan, terkadang visual designer bertugas pula melakukan kontrol kualitas hasil cetakan.

3. Graphic Designer

Pekerjaannya tentu membuat desain grafis untuk keperluan perusahaan atau klien perusahaan. Selain itu, ada kalanya graphic designer memiliki tugas untuk typesetting dan membuat ilustrasi.

4. Illustrator

Sebagai illustrator, anda akan berkutat dengan pembuatan gambar untuk berbagai keperluan, seperti untuk storyboard, iklan, dan lain sebagainya. Pastinya, lini pekerjaan ini ada di beberapa jenis perusahaan kreatif, seperti production house film, biro agensi iklan, penerbitan, dan lain sebagainya.

5. Creative Director

Pekerjaan yang menjadi bagian penting dalam beberapa industri kreatif ini konsep kreatif sebuah proyek. Bila di dunia pertelevisian, creative director menjadi pengarah konsep kreatif program televisi, sedangkan di bidang periklanan dia akan bertugas menjadi pengarah konsep iklan sesuai permintaan klien.