Sekolah video editing
Sekolah video editing

Sekolah video editing menjadi jurusan yang digandrungi oleh anak muda di zaman yang serba modern ini. Bagaimana tidak, prospek perfilman di Indonesia semakin baik seiring dengan berkembangnya industri youtube. Tak main-main, penghasilan yang didapatkan bisa mencapai hingga miliaran rupiah dalam satu bulannya. 

Sebelum memilih sekolah video editing, ada baiknya mengenal lebih lanjut tentang editor film ataupun video. Tugas utama dari seorang editor ialah mengedit gambar yang bergerak pada film, video, maupun media lainnya. Serta mensinkronisasi gambar tersebut dengan suara atau lagu yang ada. 

Editor sendiri sering disebut sebagai “sutradara kedua” sebab keberhasilan ataupun kegagalan suatu film ada ditangannya. Editor yang membuat sebuah tayangan menjadi koheren dengan menggabungkan beragam adegan menjadi tayangan yang utuh. Tentunya memiliki alur cerita yang menarik dan menyampaikan pesan yang dimaksud kepada penonton. 

Secara rinci, tugas editor ialah mengatur dan mengurutkan potongan rekaman menjadi sebuah tayangan utuh sesuai naskah/instruksi sutradara dan produser. Lalu mengulas tayangan yang sudah disusun atau diedit guna menentukan perbaikan yang diperlukan. Setelah itu memotong video menjadi beberapa segmen guna membuat adegan yang bisa bercerita dengan maksimal.  

Selanjutnya menentukan efek visual spesifik, suara, dan juga musik yang sesuai untuk melengkapi tayangan tadi. Dengan cara mengoperasikan sistem editing pada komputer, sistem penjudulan elektronik , peralatan penggantian video. Hingga unit efek video digital dalam memproduksi sebuah produk video final. 

Hal yang wajib dikuasai oleh seorang editor ialah pengetahuan mengenai media produksi, komunikasi, dan teknik/metode penyebarannya. Termasuk juga cara alternatif dalam menginformasikan dan menghibur dengan melalui tulisan, lisan, maupun media visual. 

Tak hanya itu saja, kemampuan komputer dan elektronik mengenai perangkat keras maupun lunak  aplikasi dan pemrograman. Serta pengetahuan mengenai teknis, peralatan hingga prinsip desain dalam merencanakan teknikal yang presisi, cetak biru gambar dan model harus dimiliki. 

Nah setelah mengetahui lebih dalam tugas editor, bisa dipahami apakah Sekolah video editing memang cocok dan sesuai dengan kemampuan. Jika iya, International Design School mungkin merupakan sekolah yang cocok untuk Anda yang ingin mengasah kemampuan editing video.